UNY Rayakan Keberagaman di Festival Budaya Nusantara PMM 4

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sukses menggelar Festival Budaya Nusantara dan Acara Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 pada Jumat, 21 Juni 2024.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat, acara ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, LO mahasiswa UNY, para mahasiswa PMM, serta dosen pamong dan pengampu.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa yang telah memilih UNY sebagai tujuan studi dalam program PMM Angkatan 4. “Semoga kepulangan kalian ke kampus masing-masing dapat membawa hal-hal baru, ilmu baru, dan hal baik yang ada di Yogyakarta pada umumnya dan UNY khususnya. Kami nantikan kedatangan kalian kembali ke sini, baik untuk berkunjung maupun melanjutkan studi nantinya,” ujar Prof. Sumaryanto.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang perpisahan, tetapi juga perayaan keragaman budaya Indonesia. Para mahasiswa PMM yang berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, merasakan langsung budaya akademik UNY dan tradisi Yogyakarta selama program berlangsung.

Puanliza Rahmitha, perwakilan mahasiswa PMM dari Politeknik Negeri Batam, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Rektor, para pimpinan Universitas, dosen, staf, mahasiswa, dan semua pihak yang telah menerima dan membimbing para mahasiswa PMM.

“Kami dari berbagai wilayah yang tersebar dari berbagai kampus dan daerah, sangat mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Yogyakarta yang menerima kami sebagai peserta PMM Angkatan 4, dan kami memohon maaf jika selama kami berada di UNY ada sikap, dan tindakan yang tidak berkenan,” kata Puanliza.

Festival Budaya Nusantara menampilkan berbagai pertunjukan yang memukau, mulai dari tarian tradisional, musik, hingga pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Acara pelepasan dilaksanakan dengan suasana yang lebih formal, diawali dengan sambutan dari pejabat universitas dan perwakilan mahasiswa.

Sebanyak 142 mahasiswa PMM Angkatan 4 dari 53 perguruan tinggi mengikuti program ini, tersebar ke 30 program studi di semua fakultas UNY.

Prof. Soni Nopembri, Wakil Rektor bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, turut memberikan semangat kepada peserta PMM Angkatan 4 dengan pantunnya, “Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, jika ada umur yang panjang, bolehlah kiranya kita berjumpa lagi.”

Program PMM Angkatan 4 memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para mahasiswa, baik dari UNY maupun mahasiswa pertukaran. Program ini membuka kesempatan untuk belajar budaya yang berbeda, memperluas wawasan, dan menjalin pertemanan baru. Diharapkan, program ini juga mampu memperkuat persatuan nasional dan mempromosikan keragaman budaya di Indonesia.

sumber: uny.ac.id/id/berita


Info MBKM: Menyajikan berita dan informasi terkini pelaksanaan program MBKM-Kampus Merdeka. Kamu bisa menemukan update terbaru kegiatan Kampus Merdeka dari berbagai perguruan tinggi, termasuk pengumuman penting Program Kampus Merdeka; Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kampus Mengajar (KM), Wirausaha Merdeka (WMK), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Praktisi Mengajar (PM). Jangan lewatkan kabar terbaru dan tetap terhubung dengan komunitas Kampus Merdeka hanya di sekampus.com


Yuk terhubung dengan teman sekampus di sosial media
instagram: instagram.com/sekampuss
tiktok: tiktok.com/@sekampus

sekampus.com
sekampus.comhttp://sekampus.com
Informasi seputar kampus dan program MBKM
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Ramai Dibaca