Merajut Rasa dan Kisah: Pengalaman Berharga Mahasiswa PMM 4 UNY

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah salah satu inisiatif dari Kemendikbudristek dalam program Kampus Merdeka yang selalu dinantikan oleh banyak mahasiswa. Hingga kini, PMM sudah memasuki angkatan ke-4. Universitas Negeri Yogyakarta, menjadi salah satu perguruan tinggi terpilih yang menjadi Perguruan Tinggi Penerima PMM Angkatan 4.

Program ini bertujuan untuk mempererat pemahaman antarsuku, ras, agama, dan semangat persatuan. Ada sedikit perubahan pada pelaksanaan kali ini, yang biasanya diadakan di semester ganjil, namun sekarang berlangsung di semester genap. Program ini berlangsung sekitar lima bulan, disesuaikan dengan kalender akademik dari masing-masing Perguruan Tinggi penerima.

Mengikuti PMM memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Salah satunya adalah kesempatan bagi mereka yang pernah gagal masuk Perguruan Tinggi impian untuk merasakan menjadi mahasiswa di kampus lain selama satu semester, sekaligus mempelajari hal-hal baru di tempat yang berbeda.

Selain itu, program ini menuntut mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial baru, bertemu teman, dosen, dan sistem yang berbeda.

Kegiatan modul Nusantara yang menjadi mata kuliah khusus selama PMM memberikan banyak pengetahuan baru. Modul ini terdiri dari empat kegiatan utama: kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Kebhinekaan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi Yogyakarta dengan mengunjungi berbagai lokasi kebudayaan. Kegiatan inspirasi menghadirkan figur-figur inspiratif yang memupuk semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Kontribusi sosial mengajarkan cara melihat keadaan masyarakat dan memberikan pengabdian yang tepat sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan modul Nusantara tidak akan terlaksana dengan baik tanpa bantuan dosen modul, LO Modul Nusantara, dan segenap staf kegiatan PMM yang selalu siap membantu selama di Perguruan Tinggi penerima.

Tanpa terasa, mahasiswa PMM Angkatan 4 sudah sampai di penghujung acara. Tinggal menghitung bulan, minggu, bahkan hari untuk kembali ke Perguruan Tinggi asal.

Berbagai pengalaman berharga telah didapatkan, dan perasaan sedih mulai terasa saat memikirkan perpisahan dengan teman-teman yang selama satu semester ini sudah menjadi keluarga baru.

Awalnya, ada senyum formalitas dan kecanggungan saat pertama kali bertemu. Tanpa disadari, kecanggungan itu hilang, dan kini, perasaan berat untuk saling meninggalkan semakin kuat.

Salah satu tim PMM, Laksmana Arutala, menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh UNY untuk mengikuti program ini. “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini. Pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan sangat berarti dan akan selalu kami kenang,” ujar Laksmana.

sumber: uny.ac.id/id/berita


Info MBKM: Menyajikan berita dan informasi terkini pelaksanaan program MBKM-Kampus Merdeka. Kamu bisa menemukan update terbaru kegiatan Kampus Merdeka dari berbagai perguruan tinggi, termasuk pengumuman penting Program Kampus Merdeka; Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kampus Mengajar (KM), Wirausaha Merdeka (WMK), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Praktisi Mengajar (PM). Jangan lewatkan kabar terbaru dan tetap terhubung dengan komunitas Kampus Merdeka hanya di sekampus.com


Yuk terhubung dengan teman sekampus di sosial media
instagram: instagram.com/sekampuss
tiktok: tiktok.com/@sekampus

sekampus.com
sekampus.comhttp://sekampus.com
Informasi seputar kampus dan program MBKM
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Ramai Dibaca