Wednesday, November 22, 2023
HomeInfo BeasiswaSkema sks Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 (PMM 3)

Skema sks Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 (PMM 3)

sekampus.com Bagaimana skema sks Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3)? Kamu bisa simak baik-baik pada artikel berikut.

Program PMM adalah program pertukaran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek yang dilaksanakan di dalam negeri selama 1 semester.

Pertukaran yang dimaksud adalah dari perguruan tinggi  di satu klaster pulau ke perguruan tinggi di klaster pulau lainnya dan berorientasi untuk memberikan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam berbagai aktivitas.

Aktivitas Program PMM terkait kegiatan Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia dan berbagai mata kuliah lain.

Perguruan tinggi pengirim melakukan pengakuan satuan kredit semester (sks) mata kuliah hingga 20 (dua puluh) sks yang mana di dalamnya terdapat 4 (empat) sks Modul Nusantara untuk memupuk semangat persatuan dan nasionalisme Indonesia.

Modul Nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air. Modul ini meliputi empat sub modul, yaitu kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Mahasiswa Program PMM secara luring di PT Penerima mengikuti proses pembelajaran hingga sebanyak ± 20 sks di dalam maupun di luar program studinya sesuai dengan kebutuhan minat Mahasiswa atas persetujuan PT Pengirim.

Pembelajaran tersebut mencakup kegiatan wajib berupa modul nusantara dan mata kuliah yang ditawarkan PT Penerima. Apabila diperlukan, Mahasiswa masih diberikan kesempatan untuk mengambil hingga maksimal 6 sks di PT Pengirim secara daring.

Prosedur Pengakuan sks mahasiswa PMM 3

PT Pengirim akan menjalankan prosedur pengakuan sks sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 74/P/2021, dengan skema-skema sebagai berikut:

Dalam menjalankan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3), Mahasiswa bisa mendapatkan pengakuan hasil belajar di hingga 20 sks.

Terdapat 2 skema pengambilan sks yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, yaitu:

  1. Mahasiswa  dapat mengambil keseluruhan 20 sks dari mata kuliah (MK) yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi (PT) PenerimaIni merupakan skema yang diutamakan.
  2. Mahasiswa dapat mengkombinasikan mata kuliah yang ditawarkan PT Penerima (paling sedikit 14 sks) dan mata kuliah dari PT Pengirim hingga 6 sks (dilakukan jika PT Pengirim memfasilitasi secara daring dan tanpa praktikum).

Komposisi sks PMM 3

Adapun komposisi sks adalah sebagai berikut:

MKModul NusantaraMK lain di PT PenerimaMK lain di PT Pengirim
Total
Total
sks410 – 160 – 620
Catatan:Untuk jalur vokasi, PT Penerima menawarkan paket mata kuliah.

Tim Pengelola PT Penerima akan membantu pelaksanaan kegiatan pada Program PMM 3 dan juga berkoordinasi dengan Koordinator PT Pengirim untuk pengakuan sks dari Mahasiswa Program PMM dan keperluan lainnya menyangkut mahasiswa tersebut.

Tanya Jawab

Apakah Mahasiswa dapat mengambil hingga 20 sks selama Program PMM 3 berlangsung?

Jawab: PMM mengakui kredit maksimal 20 sks.

Bagaimana jika Mahasiswa ingin mengkombinasikan mata kuliah dari PT Pengirim, namun mata kuliah tersebut tidak dapat dilakukan secara daring?

Jawab: Pelaksanaan kuliah di PT Pengirim menyesuaikan kebijakan PT Pengirim. Mahasiswa yang mengikuti PMM 3 harus memilih kluster pulau yang berbeda dengan pulau PT Pengirim sehingga perlu memastikan PT Pengirim memfasilitasi pelaksanaan perkuliahan tersebut.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan tentang Program PMM: Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Pendaftaran Mahasiswa PMM 3

sekampus.com
sekampus.comhttp://sekampus.com
Informasi seputar kampus dan program MBKM
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

Rizka Syafrida on Link WAG PT Penerima PMM 3
Universitas Siliwangi on Link WAG PT Penerima PMM 3
Anggreni Puspitasari on Link WAG PT Penerima PMM 3
Liya Atika Anggrasari on Link WAG PT Penerima PMM 3
George A. Ratu on Link WAG PT Penerima PMM 3
Ahliha Nurrohmah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Dwi Listyowati on Link WAG PT Penerima PMM 3
Gita rahmawati on Link WAG PT Penerima PMM 3
Siti Nurpajriah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Julius Taribaba on Link WAG PT Penerima PMM 3
A. Rahma Febriana on Link WAG PT Penerima PMM 3
Eka kristya Magdalena on Link WAG PT Penerima PMM 3
Bayu Kurniawan on Link WAG PT Penerima PMM 3
jihan nabila on Link WAG PT Penerima PMM 3
Fitriani hasyim on Link WAG PT Penerima PMM 3
Queentani Husniah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Cecilia Agnes Vechrisda Manalu on Link WAG PT Penerima PMM 3
Rafi'ah Farhana Ainiyah on Link WAG PT Penerima PMM 3
PMM 3 UNPAD KALBAR on Link WAG PT Penerima PMM 3