Teknis Pengisian Rencana Studi dan Logbook Mahasiswa PMM 4

Fitur rencana studi dan logbook mahasiswa Program PMM tersedia pada dashboard akun Mahasiswa di laman PMM https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Lalu lakukan login untuk akun Laman PMM kamu. 

Pengisian Rencana Studi

INFORMASI: Pengisian Rencana Studi dapat dilakukan setelah kamu menyelesaikan Kartu Rencana Studi (KRS) di PT Penerima (dan di PT Pengirim, jika kamu masih mengambil Mata Kuliah yang ada di PT Pengirim) dan selesaikan pengisian ini sebelum kamu memulai perkuliahan.

Silahkan kamu pilih menu Mahasiswa, lalu klik Laporan dan pilih Rencana Studi, sebagaimana tampilan gambar dibawah ini: 

Rencana Studi terdiri dari:

  1. MATA KULIAH DI PT PENERIMA YANG DITAWARKAN DI LAMAN PMM

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Pilih mata kuliah yang diambil di PT Penerima dengan klik pilih di kotak biru

Langkah 3: Silakan lakukan langkah 2 untuk setiap Mata Kuliah yang diambil

Catatan: Daftar Mata Kuliah yang telah dipilih pada langkah sebelumnya, akan tertampil otomatis dengan jumlah satuan kredit semester (sks) dan jika ingin menghapus daftar Mata Kuliah yang dipilih, silahkan klik ikon trash di kotak merah, seperti pada gambar berikut:

  1. MATA KULIAH DI LUAR LAMAN PMM

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Silahkan untuk mengisi Mata Kuliah yang diambil tetapi masih belum terdata di laman PMM (di luar laman PMM), dengan melengkapi form: PT Penyelenggara, Program Studi, Nama Mata Kuliah, sks Mata Kuliah, lalu save.

Langkah 3: Silahkan lakukan langkah 2 untuk setiap Mata Kuliah yang diambil baik di PT Penerima atau pun di PT Pengirim.

Catatan: Daftar Mata Kuliah yang telah dipilih pada langkah sebelumnya, akan tertampil otomatis dengan jumlah sks dan jika ingin menghapus daftar Mata Kuliah yang dipilih, silahkan klik ikon trash di kotak merah, seperti pada gambar berikut:

  1. Total KRS diambil

Bagian ini secara otomatis menampilkan keseluruhan jumlah sks Mata Kuliah yang kamu pilih di PT Penerima maupun di PT Pengirim.

  1. Dokumen Pendukung

Pada bagian dokumen pendukung, kamu bisa mengunggah dokumen KRS di PT Penerima dan PT Pengirim. File yang dapat diunggah dalam bentuk JPG/JPEG dengan ukuran maksimal 500 Kb.

  1. Penguncian Rencana Studi

Setelah mengisi rencana studi dengan tepat dan lengkap, langkah terakhir adalah penguncian rencana studi. Silakan klik: Kunci Rencana Studi

Pengisian Logbook Mingguan

INFORMASI: Pengisian Logbook Mingguan kegiatan mahasiswa dapat dilakukan selama pelaksanaan Program PMM 4 di PT Penerima. Pastikan kamu mengisi seluruh logbook kegiatan mahasiswa per-minggu.

Silahkan mengisi logbook mingguan sesuai dengan kegiatan yang sudah dijalani selama di PT Penerima.

Kamu dapat memilih menu: 

Mahasiswa, lalu klik Laporan dan pilih Logbook sebagaimana tampilan gambar dibawah ini: 

Fitur ini terdiri dari Logbook Kegiatan Mahasiswa mingguan selama periode pelaksanaan Program PMM 4 di PT Penerima kamu.

Pengisian Logbook Mingguan dilakukan sesuai periode yaitu mulai hari  Minggu, pukul 18:00 WIB – Selasa, 23:59 WIB sesuai kalender akademik yang akan tertera di laman PMM. 

Logbook Mingguan tidak bisa terbuka apabila belum masuk waktu periode pengisian.

Logbook mingguan terdiri dari:

KEGIATAN MODUL NUSANTARA

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Pilih Kategori Kegiatan Modul Nusantara

Langkah 3: Pilih Nama Kegiatan

Langkah 4: Pilih Tanggal Kegiatan dan Waktu (jam)

Langkah 5: Isi Lokasi Kegiatan,  Narasumber, Jumlah Peserta Laki-laki, Jumlah Peserta Perempuan

Langkah 6: Isi  Metode pembelajaran yang digunakan

Langkah 7: Isi  Gambaran singkat kegiatan

Langkah 8: Isi  Wawasan dan pengetahuan baru yang diperoleh

Langkah 9: Pilih Status kegiatan

Langkah 10: Unggah Dokumentasi kegiatan. Kamu wajib mengunggah 2 foto kegiatan. Kamu juga bisa mengisi dokumentasi kegiatan dalam bentuk video (youtube/instagram/TikTok) dengan mengisikan tautan video tersebut.

Catatan: tanda bintang (*) berwarna merah mengartikan WAJIB diisi

Catatan Pengisian Status Kegiatan Modul Nusantara (MN)

Catatan: jika terdapat kegiatan MN yang tidak jadi dilaksanakan oleh Dosen MN sesuai dengan Kerangka Kerja Logis atau masih dalam tahap perencanaan, maka mahasiswa dapat melaporkan kegiatan tersebut di logbook mingguan.

Langkah 1: isikan kategori kegiatan MN, nama kegiatan, tanggal kegiatan, waktu (jam), lokasi kegiatan, dan narasumber sesuai dengan rencana kegiatan di Kerangka Kerja Logis atau dapat mendiskusikan dengan Dosen MN terlebih dahulu.

Catatan: tanda bintang (*) berwarna merah mengartikan WAJIB diisi

Langkah 2: Untuk kegiatan Modul Nusantara yang belum terlaksana atau status kegiatan rencana, maka status kegiatan dapat dipilih Rencana

Langkah 3: Unggah Dokumentasi Kegiatan Modul Nusantara berupa foto saat merencanakan kegiatan, survei lokasi dan atau saat melaksanakan kegiatan bersama mahasiswa lain, Liason Officer (LO), dan Dosen MN. 

KEGIATAN AKADEMIK (MATA KULIAH)

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Pilih Matakuliah yang diambil. Data mata kuliah otomatis terisi dari data  Rencana Studi. Pilih Tanggal Kegiatan. Isi Waktu (jam). Isi Lokasi Kegiatan. Klik Save jika isian sudah benar.

Langkah 3: Ulangi pengisian kegiatan akademik sesuai pelaksanaan kegiatanmu di minggu ini.

KEGIATAN KAMPUS/NON AKADEMIK/LAIN-LAIN

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Silahkan isikan detail kegiatan kampus/non akademik/lain-lain. Nama kegiatan, tanggal kegiatan, waktu (jam), lokasi kegiatan, gambaran singkat kegiatan, dan unggah foto dokumentasi kegiatan, seperti pada gambar berikut:

Langkah 3: Ulangi pengisian kegiatan kampus/non akademik/lain-lain  sesuai pelaksanaan kegiatanmu di minggu ini.

KRITIK DAN SARAN UNTUK PELAKSANAAN KEGIATAN PMM

Langkah 1: Klik logo (+) dalam kotak hijau untuk mulai pengisian

Langkah 2: Pilih tujuan pemberian kritik dan saran

Langkah 3: Silakan untuk menyampaikan kritik dan saran, seperti pada gambar berikut:

PENGUNCIAN LOGBOOK MINGGUAN

Setelah mengisi rencana studi dengan tepat dan lengkap, langkah terakhir adalah penguncian rencana studi. Silakan klik: Kunci Logbook Minggu ke-

Catatan Khusus:

Bagi mahasiswa yang terlewat untuk melakukan pengisian logbook mingguan, maka perlu menghubungi Dosen Modul Nusantara yang mengampu untuk meminta dispensasi agar dapat melengkapi pengisian Logbook Mingguan yang terlewat tersebut. Selanjutnya, pengisian Logbook Mingguan wajib dilakukan secara mingguan sesuai dengan kegiatan yang dijalani di PT Penerima dalam satu minggu terakhir.

Pengisian Laporan Bulanan

Laporan Bulanan merupakan tarikan data dari Logbook Mingguan yang telah kamu isi setiap bulannya. Laporan bulanan mahasiswa baru akan tersedia pada akun mahasiswa di laman PMM setelah Logbook Mingguan mahasiswa selama satu bulan kegiatan lengkap dan mendapatkan approval dari Dosen Modul Nusantara.

Catatan Khusus: 

Pastikan kamu mengisi Logbook Mingguan secara lengkap dan tepat waktu. Jika laporan bulanan mahasiswa belum tersedia setelah satu bulan kegiatan, silakan menghubungi Dosen Modul Nusantara untuk meminta approval atau untuk mengetahui adanya revisi dari pengisian Logbook Mingguan kamu.

Langkah 1: Silahkan klik menu Mahasiswa – Laporan – Laporan Bulanan 

Langkah 2: 

Pada laporan bulanan akan tersedia seluruh dokumen laporan bulanan kamu selama pelaksanaan PMM di PT Penerima. Jika belum dokumen laporan bulanan belum tersedia, dikarenakan Logbook Mingguan dan Dosen MN  belum melakukan approval seperti pada gambar berikut:

Link Panduan Pengisian Logbook Mingguan Mahasiswa:

Anda juga dapat melihat video panduan pengisian Logbook Mingguan Mahasiswa pada tautan berikut https://youtu.be/cRu9HoBVRgk

sekampus.com
sekampus.comhttp://sekampus.com
Informasi seputar kampus dan program MBKM
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Ramai Dibaca

KOMENTAR KAMU