5 PayLater Resmi di Indonesia

sekampus.com Saat ini kemudahan dalam pembayaran menjadi hal yang dikedepankan oleh pelaku industri keuangan. Sebagai konsumen atau nasabah, kamu bisa dengan mudah menggunakan berbagai fitur yang ada, salah satunya adalah fitur paylater. Nah apa saja sih penyedia layanan paylater resmi di Indonesia?

Jika kita mendengan kata paylater maka akan langsung paham bahwa ini adalah metode Beli Sekarang Bayar Nanti. PayLater merupakan layanan pinjaman yang tersedia full secara online dan tanpa kartu kredit. jadi, setiap orang dapat mengajukan PayLater dengan persyaratan yang jauh lebih mudah dari pada harus mengajukan kartu kredit.

Selain itu layanan PayLater biasanya menawarkan banyak promo untuk menarik minat para penggunanya. Apa lagi paylater yang terintegrasi dengan layanan belanja online, biasanya terdapat berbagai paket penwaran untuk penggunaan pembayaran via paylater ini.

Berbagai bonus dan kemudahan yang paylater tawarkan memang sangat menarik, tetapi jika kamu tidak bisa mengendalikan diri dan tidak memperhitungkan keuangan kamu, maka ini juga bisa berubah jadi bencana lho!

Ya namanya juga pinjaman online, harus bisa kamu kembalikan, kalau kamu tidak bisa mengembalikan ya bakal menimbulkan masalah. Oleh sebab itu selain kontrol diri, kamu juga harus memastikan menggunakan paylater dari penyedia layanan resmi yang terdaftar.

Gunakan Paylater Resmi Terdaftar

Kamu perlu ketahui bahwa payLater yang disediakan oleh berbagai e-commerce telah bekerja sama dengan Bank dan Fintech yang ada di Indonesia.

Maka, sebagai pengguna PayLater, data kamu akan tercatat dalam satu sistem yang dikenal dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi keuangan) OJK.

Singkatnya ketika kamu melakukan tunggakan pembayaran, atau terjadi gagal bayar, maka hal ini akan berpengaruh pada skor kredit kamu yang dapat menyulitkan ketika mengajukan pinjaman pada masa mendatang.

Lantas apa saja paylater resmi yang terdaftar di Indonesia? Ada banyak sebenarnya, namun sejauh ini ada 5 paylater paling populer yang ada di Indonesia, dan tentu saja terdaftar secara resmi alias legal.

1. Shopee PayLater

Tentu kamu sudah tahu dong dengan shopee paylater? Paylater yang terkenal dengan nama kerennya yaitu “SPayLater”. Paylater ini menjadi sangat terkenal karena merupakan bagian dari aplikasi belanja online Shoppe.

Ada banyak banget promo menarik  berupa diskon, gratis ongkir, hingga cashback yang ditawarkan Shopee untuk pengguna yang bertransaksi menggunakan Shopee PayLater.

Untuk metode pinjaman melalui Shopee PayLater yaitu dengan model pembayaran pada bulan berikut. Durasi cicilan yang tersedia adalah sebanyak 3,6, dan 12 kali yang jatuh tempo di setiap tanggal 5, 11, dan 25 setiap bulannya.

Jika kamu menggunakan Shopee PayLater, kamu akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1%, bunga dengan minimal 2,95%, dan jika terlambat bayar akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan, dan meningkat setiap bulannya.

Coba deh kamu hitung-hitung lagi berbagai bunga dan kemungkinan biaya denda? Cukup besar juga kan? Ya walau ada berbagai tawaran menarik, ada juga beban biaya yang harus kamu bayar. Jadi sebelum mengajukan SpayLater, jangan lupa untuk baca seluruh syarat dan ketentuannya dulu ya.

2. OVO PayLater

OVO menjadi salah satu dompet digital yang paling awal muncul, dan telah umum kita gunakan. Jadi, OVO memiliki layanan paylater yaitu OVO PayLater untuk kebutuhan belanja online untuk ecomerce yang sudah kerja sama dengan OVO.

Jadi OVO Paylater dapat kamu gunakan untuk berbelanja melalui e-commerce Tokopedia dan gerai lain yang udah kerja sama dengan OVO. Untuk menikmati layanan PayLater dari OVO, kamu harus upgrade ke OVO Premier.

Ketika kamu ingin berbelanja di Tokopedia, kamu harus melakukan aktivasi OVO PayLater terlebih dahulu. Bunga pinjaman di OVO PayLater hampir sama dengan kartu kredit, yaitu sebesar 2,9% per bulannya. Besaran bunga ini bisa kamu cek lagi ya, untuk memastikan yang terbaru.

3. GoPayLater

Paylater kedua adalah Gopaylater. Ini merupakan salah satu layanan pinjaman digital yang diluncurkan oleh Gojek. Tagar #SemuaJadiRingan menjadi ciri khas dari produk GoPayLater.

Untuk sistem pembayaran, ketika kamu menggunakan GoPayLater sedikit unik, yaitu kamu akan mendapatkan notifikasi, dan ada waktu tambahan selama 5 hari untuk melunasi utang PayLater kamu.

Namun ingat! Jika pada hari ke-5 kamu masih belum membayar, maka Gojek akan menerapkan biaya tambahan sebesar Rp2,000 setiap harinya. Jadi sistem penagihannya dengan denda harian.

Sekali lagi, jika kamu akan menggunakan layanan ini, sebaiknya kamu baca juga berbagai persyaratan yang ada. Ini agar kamu tidak merasa terjebak nantinya. Dan ingat, pastikan kamu memiliki kemampuan membayar ya!

4. Kredivo PayLater

Selanjutnya adalah Kredivo Paylater yaitu platform digital yang menawarkan layanan kredit online dengan bunga 0% untuk cicilan selama 3 bulan, kemudian bunga 6% untuk cicilan 6 – 12 bulan.

Untuk pembayaran menggunakan Kredivo PayLater berlaku di lebih dari 100 e-commerce di Indonesia. Saat ini Kredivo nggak cuma nyediain pinjaman berupa cicilan beli barang, tetapi juga menyediakan pinjaman dana tunai yang bisa dikirim ke rekening kamu, menarik bukan?

Kredivo menjadi salah satu penyedia layanan paylater yang memiliki e-comerce terbanyak. Ini menjadikan kemudahan. Namun juga patut kamu ingat, selalu pastikan dengan kesehatan keuangan kamu sebelum mengajukan pinjaman ya!

5. Traveloka PayLater

Ya benar, traveloka yang biasa buat pesan tiket dan jalan-jalan itu kini juga memiliki Traveloka Paylater. Seolah memberikan jawaban buat kamu yang mau wisata dicicil gitu.

Jadi, kamu dapat mengajukan cicilan dengan minimal cicilan Rp100.000 per bulan. Traveloka PayLater memiliki suatu keunikan tersendiri, dimana mereka memiliki kartu khusus yang diterbitkan PT Bank BRI Indonesia Tbk melalui kerja sama dengan Traveloka.

Nah untuk bunga cicilan pada layanan ini adalah sebesar 2,14% – 4,78% per bulan, dengan pilihan cicilan selama 12 bulan. Informasi akuratnya bisa kamu cek langsung ya melalui laman resmi mereka.

Kesimpulan

Paylater memberikan kemudahan dalam transaksi, namun patut kamu ingat jika ada beban biaya tambahan yang harus kamu bayar. Kamu harus bisa memilih paylater yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, juga pastikan penggunaan paylater memang untuk tujuan mendesak.
Kemudahan dalam transaksi sering kali membuat kita lupa akan prioritas keuangan kita, ini patut kamu antisipasi. Apa lagi jika nanti menjadi beban hutang. Kamu juga jangan sampai terjebak dengan pinjol ilegal ya untuk kebutuhan pendanaan kamu.
Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 5 Paylater Resmi di Indonesia. Semoga bisa menjadi gambaran untuk kamu. Berbagai pembahasan lain seputar keuangan bisa kamu baca hanya di Cerdas Finansial. Terima kasih salam.
Pojok Kampus
Pojok Kampus
Berisi tulisan ringan-ringan saja, tulisan yang ceria dan populer, boleh si menulis yang sedih-sedih, asal bukan menulis skripsi atau jurnal ilmiah saja ya, nanti terlalu berat buat kamu. Kirim tulisan di: https://sekampus.com/kirim-tulisan
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Ramai Dibaca

KOMENTAR KAMU