Syarat dan Ketentuan beasiswa luar negeri IISMA

sekampus.com Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA adalah skema beasiswa yang dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) serta merupakan salah satu bagian dari Program Kampus Merdeka Kemendikbud. Beasiswa ini diberikan untuk mendanai siswa-siswi Indonesia dalam mengikuti program mobilitas di beberapa universitas terkemuka dan industri terkemuka di dunia.

Melalui program ini, kamu bisa merasakan pengalaman selama satu semester untuk tinggal, belajar, dan berinteraksi langsung dengan mahasiswa di universitas mitra luar negeri. Kamu juga bisa memanfaatkan keberadaanmu selama di luar negeri untuk menambah pengalaman non akademis yang bisa bermanfaat untuk masa depan kamu.

Persyaratan Dokumen

Apa saja persyaratan dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti IISMA? Jika merujuk pada dokumen dan persyaratan IISMA tahun 2022, berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuannya.

  1. Surat rekomendasi yang telah ditandatangani oleh Kepala Urusan Internasional atau Wakil Rektor Bagian Akademik. Unduh format surat di sini.
  2. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo).
  3. Transkrip akademik dalam bahasa Inggris.
  4. Surat pernyataan belum pernah melakukan mobilitas internasional secara fisik/luring. Unduh format surat di sini.
  5. Surat pernyataan bebas narkoba dan zat adiktif lainnya. Unduh format surat di sini.
  6. Surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam kekerasan seksual. Unduh format surat di sini.

Siapa saja yang dapat mengikuti program ini?

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif jenjang S1 perguruan tinggi dalam negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) selama proses pendaftaran dan program berlangsung.
  2. Merupakan warga negara Indonesia yang menetap di Indonesia dan tidak memiliki status berkewarganegaraan ganda.
  3. Sedang menempuh pendidikan di semester 4 maupun 6 jenjang S1 ketika mendaftar.
  4. Maksimal berusia 23 tahun pada bulan Juli di tiap tahun program berlangsung.
  5. Tidak pernah mengambil cuti semester selama berkuliah.
  6. Tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional secara fisik termasuk Summer/Winter Program, Internship, Exchange, Credit Mobility, Sit-in, Dual/double degree selama berkuliah.
  7. Memiliki IPK minimal 3.0 (dari 4.0) dibuktikan dengan transkrip akademik terakhir.
  8. Memiliki nilai sertifikasi bahasa Inggris yang cukup, yaitu IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100*. (Lihat Detail)
  9. Dinominasikan oleh Wakil rektor bidang Akademik dari perguruan tinggi masing-masing.
  10. Tidak menerima biaya hidup/tunjangan hidup dari Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama mengikuti program IISMA.

Catatan

Persyaratan dokumen dan persyaratan mahasiswa di atas, bisa saja berubah di setiap angkatannya sesuai dengan kebijakan terbaru. Untuk itu kamu bisa melihat update mengenai program IISMA ini melalui laman resmi mereka di: https://iisma.kemdikbud.go.id/info/

Pojok Kampus
Pojok Kampus
Berisi tulisan ringan-ringan saja, tulisan yang ceria dan populer, boleh si menulis yang sedih-sedih, asal bukan menulis skripsi atau jurnal ilmiah saja ya, nanti terlalu berat buat kamu. Kirim tulisan di: https://sekampus.com/kirim-tulisan
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Ramai Dibaca