Thursday, November 23, 2023
HomePilih KampusRekomendasi Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

sekampus.com Hai apa kabarmu? Bagaimana rencana kamu setelah lulus dari bangku sekolah? Tentu langkah selanjutnya adalah masuk ke jenjang perguruan tinggi. Banyak sekali jurusan di perkuliahan yang menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas, salah satunya Jurusan Teknik Informatika.

Jika kamu ingin mempelajari seputar komputer dan teknologi, jurusan ini adalah pilihan yang cocok. Namun, pastikan kamu memilih universitas yang tepat agar sukses di masa depan. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak perguruan tinggi berkualitas yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah sebagai berikut ini:

1. Universitas Gunadarma (UG)

Rekomendasi pertama untuk jurusan teknik informatika adalah Universitas Gunadarma. Teknik informatika merupakan salah satu program studi jenjang Sarjana yang dimiliki Universitas Gunadarma. Program studi ini juga telah terakreditasi A, berdasarkan SK No. 017/BAN-PT/Ak-VIII/S1/V/2004 Tanggal 7 Mei 2004.

Prospek profesi lulusan dari Universitas Gunadarma adalah seperti Software Developer, System engineer/Programmer, Web Developer/Programmer, Computer Graphic Specialist, Computer Network Specialist, Database Specialist, System Analyst, IT Project Manager, Entrepreneur dibidang IT Consultant & Software house.

Universitas Gunadarma berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh mahasiswa baru dari berbagai daerah. Selain unggul dalam prestasi, Universitas Gunadarma juga menyediakan segudang fasilitas berkualitas untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.

Perlu diketahui, Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Kampus yang sudah berdiri sejak 1981 ini, terus berkembang dan mencetak lulusan berprestasi dan berdaya saing secara global.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Selanjutnya ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember alias ITS. Kampus ini mencetak lulusan yang siap memenuhi kebutuhan akan ahli informatika, baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

Jurusan Teknik Informatika ITS memiliki misi untuk memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik dalam hal Informatika, mengembangkan dan menerapkan Informatika yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan negara, serta memberikan kepuasan dan kesejahteraan kepada sivitas Informatika.

Lapangan pekerjaan yang bisa diisi oleh alumni jurusan Informatika ITS diantaranya adalah perekayasa software, konsultan IT, web engineer, perekayasa jaringan komputer, programmer, dan game developer.

Selain di bidang profesional, alumni jurusan Informatika ITS juga bekerja di sektor pendidikan, kewirausahaan, dan menjadi peneliti di lembaga penelitian.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Salah satu universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran. Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran fokus pada teori, riset dan penerapan di bidang Teknik Informatika.

Selain itu, program studi teknik informatika di kampus ini juga merujuk kepada perkembangan teknologi terkini dalam bidang ilmu komputer dan informatika. Pada tahun 2020 lalu, Universitas Padjadjaran menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah pendaftar SNMPTN terbanyak di Indonesia.

Di SNMPTN 2020, Teknik Informatika menjadi salah satu program studi di Universitas Padjadjaran yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Persentase keketatan Program Studi Teknik Informatika yakni sebesar 1,20 persen.

Keketatan merupakan persentase jumlah peserta diterima berbanding jumlah peserta pendaftar. Jika jumlah persentase besar, maka daya saing rendah. Jika jumlah persentase kecil, maka daya saing tinggi.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Awal mula terwujudnya Program Studi Teknik Informatika di ITB dimulai dengan adanya penggunaan komputer di bawah pengelolaan Pusat Komputer ITB. Pada tahun 1978, pendidikan tentang komputer dimulai. Hal tersebut ditandai dengan dibukanya Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer (PAT-JPK).

Pendidikan Magister Informatika dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak di ITB dibuka pada tahun 1994. Kemudian di tahun 1997, ITB membuka program Magister bidang Informatika, untuk program studi Rekayasa Perangkat Lunak Waktu Nyata.

Di usianya yang masih sangat muda, ITB berhasil menjadi jurusan Ilmu dan Teknologi Informatika yang pertama di lingkungan PTN di Indonesia. Hingga saat ini, teknik informatika adalah salah satu jurusan paling favorit di ITB.

5. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Siapa yang tidak kenal kampus yang satu ini? hampir semua orang tahu dengan Universitas Bina Nusantara. Kampus ini juga menyediakan Program Studi Teknik Informatika.

Pada tahun 2015 lalu, Program Studi Teknik Informatika yang kita kenal dengan School of Computer Science (SoSC) ini sudah memiliki 4 program yaitu Computer Science, Cyber Security, Game Application & Technology dan Mobile Application & Technology.

Program Studi Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara telah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2014. 4 tahun kemudian, Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara kembali memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor Surat Keputusan No. 1487/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Nah, itulah beberapa rekomendasi Jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang mencari kampus dengan jurusan tersebut.

Jangan bingung memilih jurusan kuliah, pastikan kamu kuliah di jurusan dan kampus yang tepat sesuai dengan minat dan keinginan kamu. Kamu bisa baca terlebih dahulu berbagai refrensi dan rekomendasi di sekampus.com melalui Pilih Kampus. Terima kasih, salam.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

Rizka Syafrida on Link WAG PT Penerima PMM 3
Universitas Siliwangi on Link WAG PT Penerima PMM 3
Anggreni Puspitasari on Link WAG PT Penerima PMM 3
Liya Atika Anggrasari on Link WAG PT Penerima PMM 3
George A. Ratu on Link WAG PT Penerima PMM 3
Ahliha Nurrohmah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Yeni nurpatri on Link WAG PT Penerima PMM 3
Dwi Listyowati on Link WAG PT Penerima PMM 3
Gita rahmawati on Link WAG PT Penerima PMM 3
Siti Nurpajriah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Julius Taribaba on Link WAG PT Penerima PMM 3
A. Rahma Febriana on Link WAG PT Penerima PMM 3
Eka kristya Magdalena on Link WAG PT Penerima PMM 3
Bayu Kurniawan on Link WAG PT Penerima PMM 3
jihan nabila on Link WAG PT Penerima PMM 3
Fitriani hasyim on Link WAG PT Penerima PMM 3
Queentani Husniah on Link WAG PT Penerima PMM 3
Cecilia Agnes Vechrisda Manalu on Link WAG PT Penerima PMM 3
Rafi'ah Farhana Ainiyah on Link WAG PT Penerima PMM 3
PMM 3 UNPAD KALBAR on Link WAG PT Penerima PMM 3